Friday 1 July 2016

Mewarnai Gambar Sketsa Bendera Merah Putih 1


Mewarnai gambar bendera Indonesia, yakni sang Merah Putih adalah sangat mudah. Karena kita semua tau mana warna merah dan mana warna putih. Kita tidak buta warna dan sudah sangat mengenal warna bendera kita yang kita cintai itu.

Untuk warna merah sudah sangat jelas.  Dalam hal ini tidak perlu dijelaskan. Akan tetapi warnai putih tetap kita pilih warnai pensil warnanya atau crayonnya atau alat pewarna lainnya. Kecuali kita mau memberi warna dasar gambar bendera itu, mungkin bisa dimaklumi warna putih adalah warna kertas itu sendiri. Dan mudah-mudahan warna kertasnya adalah putih, bukan yang lainnya. Coklat muda misalnya, atau oranye dan lain-lainnya selain putih.
Seperti yang sudah kita kenal, maka cara menggoreskan pensil warnanya sebaiknya mengikuti lekukan bendera merah putih yang tampak sedang berkibar itu. Jangan sampai terjadi kita menggoresnya tegak berdiri atau bahkan saling silang tidak beraturan. Nah jika demikian, pasti hasilnya pun akan berantakan, meskipun warna yang kita goreskan tidak keluar garis, akan tetapi warna yang terbentuk pasti akan semrawut karena meninggalkan jejak arah goresan.

Pada gambar sketsa bendera Merah Putih di atas, kita bisa memberikan warna coklat muda maupun tua pada tiangnya. Karena itu yang paling sesuai dan serasi. Jika misalnya kita berikan warna hijau maka akan mengganggu pandangan mata karena akan sangat kontras dengan warna merah. Adapun hijau bertemu warna putih tidak masalah karena putih memang warna netral.

Akan lebih tampak hidup jika kita bersedia menambahkan warna biru langit sebagai warna dasarnya, atau warna background nya. karena akan memberi kesan Sang Merah putih sedang berkibar di angkasa dengan gagahnya. Pilihan warna ini adalah yang paling tepat, dengan alasan warna langit adalah biru, dan tidak pernah berubah menjadi hijau misalnya.

Jika kita sudah terbiasa dengan garadasi warna maka bisa dipadukan warna kuning, merah dan putih untuk memembentuk cahaya yang sedang menyebar di langit. Namun ini butuh ketrampilan khusus karena sudah cukup rumit untuk mempraktikkannya.

Apapun, mari kita coba untuk mewarnai dan membuat Sang Merah Putih tampah hidup dan berkibar dengan gagah di angkasa bumi pertiwi....
 Selamat berkarya...


&

No comments:

Post a Comment