Friday 30 December 2016

Mewarnai Gambar Sketsa Bendera Negara Jamaica


Mewarnai gambar sketsa bendera negara Jamaica lumayan menantang. Karena gambarnya unik seperti huruf X yang menyilang berupa diagonal-diagonal masing-masing sudut bendera tersebut. Sehingga membentuk empat segitiga yang salah satu sudut masing-masing segitiga itu berpusat di tengah-tengah dari segi empat bentuk bendera tersebut.


Segitiga bagian atas yang berhadapan dengan segitiga bagian bawah berwarna hijau, segitiga sebelah kanan dan kiri yang saling berhadapan salah satu sudutnya itu berwarna hitam. Sementara diagonal tebal yang seperti huruf X itu berwarna kuning.


Mungkin untuk melakukan kegiatan mewarnai gambar sketsa bendera negara Jamaica ini butuh kesabaran lebih karena banyaknya sudut pada gambar tersebut. Karena jika tidak hati-hati, maka akan melanggar garis yang sudah ada. Ini artinya warna yang kalian goreskan akan nyasar masuk ke wilayah yang seharusnya berwarna lain. Jika ini terjadi maka akan muncul warna-warna kacau yang tidak dikehendaki. Atau kerapiannya menjadi berkurang.

Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah, bagaimana caranya kalian menggoreskan pensil warna kalian tetap ke arah mendatar terus, atau ke arah atas dan bawah. Meskipun jika boleh pilih, maka kita cenderung untuk mengarahkan goresan itu pada sudut-sudut bangun yang ada. Nah jika demikian tentu akan mirip garis-garis warna yang tidak beraturan karena arahnya yang tidak stabil. Kecuali jika  tekanan goresan itu tidak terlalu keras kemudian kalian ratakan dengan baik, maka mungkin akan hilang kesan itu.

Untuk diagonal yang ada pada gambar tersebut, sebaiknya juga kalian gores dengan arah mendatar atau vertikal sesuai pilihan kalian. Jika yang lainnya mendatar, maka pada bagian diagonal inipun kalian menggoresnya tetap arahnya mendatar. Atau jika yang lainnya arahnya tegak (vertikal) sebaiknya pada bagian inipun juga digores dengan arah tegak.

Nah, silakan kalian coba. Tidak sulit, hanya butuh keuletan dalam berusaha. Dan ini perlu dilatih secara rutin agar tetap kalian semakin terampil memoleskan pensil warna kalian. Jangan lupa, untuk menghasilkan karya yang baik memang butuh ketelitian, kesabaran dan konsisten melakukannya. Sukses untuk kalian....

&




No comments:

Post a Comment